Jumat, 19 Juni 2009

LNG VS CNG


LPG atau Liquified Petroleum Gas disimpan dalam tabung gas dengan berat kotor 15 kg dan berat bersih 12 kg, temperature didalam tabung 15oC dan pressure 1,0133 bar. Sedangkan, CNG atau Compressed Natural Gas disimpan dalam tabung dengan tekanan hingga 200 bar.

Baik LPG maupun CNG, keduanya sama-sama hidrokarbon propane atau butane, tetapi memiliki perbedaan tekanan tabung yang amat berbeda. Propane dan Butane dalam fase cair membutuhkan space yang lebih kecil daripada dalam fase gasnya. Sebagai perbandingan, satu mol propane dalam fase cair memiliki massa 44 gram dan dengan massa jenis 1,55 g/mL, berarti memiliki volume 55 mL. Jadi space yang dibutuhkan untuk 1 mol propane adalah 28,39 mL. Sedangkan dalam fase gas pada Room Temperature Pressure, satu mol propane memiliki volume 24 L, yang berarti membutuhkan space sebesar itu pula.

Dalam penggunaannya sehari-hari, bahan bakar ini harus efisien, dapat dibawa dan aman penempatan dan penggunaanya. Pada LGP, propane dan butane ada dalam fase gas, sehingga volumenya sudah kecil, jadi tidak dibutuhkan tabung bertekanan tinggi untuk menjaganya dalam volume yang ada. Sedangkan, pada CNG, propane atau butane berada dalam fase gasnya sehingga dalam jumlah mol yang sama dengan LPG volumenya amat besar, sehingga dibutuhkan tekanan yang besar untuk mengkompressinya sehingga volumenya menjadi lebih kecil agar dapat digunakan(bayangkan jika tidak dikompressi, butuh satu tangki Plumpang untuk menjadi penampung bahan bakar taksi). Oleh karena itu, tangki gas yang digunakan bertekanan tinggi agar dapt menjaga volume gas tetap kecil dan dapat digunakan secra efisien serta dapat dibawa.

Dari segi mobilitas, LPG dan CNG telah memiliki kesamaan karena volume tabung atau tangkinya sudah sama. Namun, bahan bakar lebih mudah terbakar(lebih banyak menghasilkan energi) pada fase gasnya daripada fase cairnya. Inilah alasan penggunaan CNG. Jika dilihat dari aspek safety, baik LPG maupun CNG memiliki kelebihan dan kekurangan. CNG disimpan dalam tabung bertekanan tinggi, sehingga memiliki resiko terjadinya ledakan yang besar. Inilah alsan dalam rumah tangga lebih dipilih LPG daripada CNG. Tetapi, CNG lebih ramah lingkungan karena pembakaran dalam fase gas lebih sempurna daripada pembakaran dalam fase cair. Inilah alasan penggunaan CNG pada kendaraan bermotor, agar tidak menimbulkan polusi udara.

1 komentar:

  1. maaf, apakah bapak punya spesifikasi lengkap tabung gas LPG 3kg, dan darimana sumber grafik dan tekanan diatas?? mohon dibalas lewat email saya saja, danny.ferdiansyah@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus

Komen yang bener ya!!