Selasa, 23 Juni 2009

Pentingnya Pemahaman K3LL

K3LL adalah mata kuliah wajib di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. K3LL merupakan singkatan dari Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindung Lingkungan. K3LL adalah suatu kompetensi wajib mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia.


Banyak sekali kerugian yang akan didapat bila aspek K3LL tidak diperhatikan. Mulai dari kerugian materiil, moril, psikologis, sosial dan lingkungan. Kerugian yang didapat bukan hanya kerugian langsung tetapi lebih banyak kerugian ikutan yang terjadi. Aspek K3LL harus dipahami sebagai sebuah kebutuhan untuk mencapai kualitas standar produksi internasional.


Pengajaran K3LL ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya aspek ini pada dunia usaha. Karena, kesadaran dan pemahamanlah yang mampu mengeliminasi semua resiko yang ada. Personal Protective Equipment bukanlah jalan utama untuk dapat memperkuat iklim K3LL di suatu industri. Selain itu, karena yang mempelajari materi ini adalah mahasiswa, maka diperlukan pula kompetensi untuk melakukan analisis serta pemberian solusi yang memang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini.

1 komentar:

  1. Hudi

    waw, hebat nih blog lo rak...
    semoga bermanfaat buat org"

    BalasHapus

Komen yang bener ya!!